Kamis, 24 Januari 2013

Seni Lukis

     Seni lukis merupakan cabang dari seni rupa yang menggunakan teknik olahan tangan menggunakan cat/semacamnya dengan berbagai macam bahan sebagai medianya. Seni lukis di indonesia dipelopori oleh  Raden Saleh Syarif Bustaman. Raden Saleh sempat mempelajari Seni Lukis di eropa dan ia merupakan pelukis yang disegani oleh Bangsa Indonesia. Lukisan biasanya dibuat di bidang datar seperti kertas, kanvas, tembok. Sekarang lukisan bisa dibuat di bidang 3 dimensi sekalipun contohnya dengan media patung yang dilukis. 

Beberapa aliran Seni Lukis :
a. Surrealisme
lukisan yang mengadopsi aliran ini terbentuk dari pikiran bawah sadar manusia, sehingga bentuk           gambarnya tersirat tidak begitu jelas dan samar-samar
b. Romantisme
lukisan yang mengadopsi aliran ini berbau keindahan sebuah atau sekumpulan objek dan memberikan kenangan tertentu bagi penikmat lukisan.
c. Kubisme
lukisan dengan aliran kubisme memiliki bentuk geometri atau bidang. Pelukis memandang suatu objek dengan sudut pandang ini lalu melukiskannya dalam kanvas atau media lain.
d. Ekspresionisme
lukisan yang dihasilkan menggunakan aliran ini biasanya memiliki garis yang kuat serta ekspresif. Lukisan dengan aliran ini merupakan lukisan yang dibuat secara spontan menggunakan bagian dari tubuh kita sebagai pengganti kuas.
e. Naturalisme
merupakan aliran yang mengagungkan keindahan alam dengan penekanan seting alam.
f. Realisme
merupakan aliran dengan membuat lukisan semirip mungkin dengan objek dan terkesan nyata.
g. Abstrak
merupakan aliran seni lukis yang memiliki sudut pandang lain dalam lukisan, sehingga lukisan yang dihasilkan tampak seperti tidak berwujut. Biasanya lukisan ini merupakan gambaran suasana hati dari hari sang pelukis
g. Kontemporer
kontemporer merupakan aliran baru gabungan antara surrealisme abstrak dan realisme. Sehingga menciptakan sebuah karya yang tampak nyata namun seperti dalam mimpi dan suasananya pun abstrak.

0 komentar:

Poskan Komentar